5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menulis dan Menerbitkan Buku

Sekarang ini, internet sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan banyak mengubah pola pikir kita. Hal tersebut juga memudahkan kita untuk mengetahui berbagai informasi yang ada di seluruh belahan dunia tanpa harus bersusah payah keluar rumah dan mengeluarkan ongkos. Terus kenapa sih masih saja harus menulis dan menerbitkan buku? Apakah menerbitkan buku itu penting?

Yuk langsung saja mari kita simak 5 alasan kenapa kamu harus menulis dan menerbitkan buku:

1.      Dokumentasi

Jika kamu adalah seorang yang mempunyai pemikirian dan gagasan unik yang bermanfaat bagi masyarakat luas, maka hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah menuliskannya. Sehingga orang lain dapat belajar dari apa yang kamu tuliskan dan karya kamu akan di dokumentasikan  sebagai inspirasi bagi generasi-generasi selanjutnya. Terlebih jika tulisanmu memang berkualitas, maka akan mendapat pengakuan dan penghargaan.

2.      Personal Branding

Dengan menulis buku, tentu akan membangun kredibilitas dan reputasi dalam bidang kamu. Terlepas dari kemampuan presentasi atau public speaking, Kamu juga memiliki sesuatu yang bisa dibaca dan dinikmati oleh semua orang. Menulis sebuah buku memberi kamu kesempatan besar untuk membagikan gagasan-gagasan kamu kepada seluruh dunia.

3.      Menginspirasi

Menjadi solusi bagi orang lain dalam mengatasi permasalahan. Melalui gagasan dan  pengalaman yang kamu tuliskan mungkin saja juga dirasakan oleh orang lain dan mendorong mereka untuk melakukan hal-hal positif sesuai dengan apa yang dia baca dalam bukumu.

4.      Berbagi informasi

Ini adalah salah satu alasan dalam menulis buku. Karena banyak hal yang berada diluar pemahaman orang lain. Jika kamu memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam bidang kamu, maka akan sangat bijak untuk membaginya dengan cara menulis kemudian menerbitkannya menjadi sebuah buku. Memang benar, kamu dapat dengan mudah mengakses infromasi di berbagai media internet akan tetapi tidak dapat menggantikan kualitas dari sebuah buku.

5.      Menyuarakan gagasan

Banyak sekali penulis yang menggunakan tulisan-tulisannya untuk melawan ketidakadilan sosial atau gejolak politik. Jika kamu merasakan hal tersebut berada disekitar kamu dan ingin membawa perubahan bagi seluruh masyarakat, kamu sangat bisa menulis buku mengenai hal tersebut.

Memang tidak ada salahnya menulis melalui media lainnya untuk membagi ilmu, tapi untuk pembahasan yang komprehensif mengenai suatu topik, kita harus beralih ke buku. Semakin banyak orang yang berminat menuliskan bukunya, maka semakin luas referensi dan tawaran bagi para pembaca. Ingatlah bahwa buku  selamanya akan menjadi sumber utama dari pengetahuan. Jadi siapapun kamu, ayo menulis, terbitkan bukumu dan jadilah bermanfaat. Jika bukan kita, siapa lagi? Dan jika bukan sekarang,  kapan lagi?

Proofreading, Apa itu ?